Selasa, November 04, 2014

Tips Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Semua orang pasti memiliki sifat malas, termasuk juga dalam hal mengerjakan pekerjaan. Bentuk kemalasan yang paling umum yaitu kebiasaan menunda.
Hampir semua orang melakukan penundaan terhadap pekerjaan atau tugas yang harus dikerjakan. Melakukan penundaan bisa saja berakibat negatif untuk kita di masa mendatang, karena akan membuat pekerjaan menumpuk, dan hasilnya tidak maksimal.Hal inilah yang akan berpengaruh juga terhadap kesuksesan kita. Orang sukses selalu mengerjakan tugas dengan sigap, cepat dan tuntas.
Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebisaaan menunda pekerjaan atau tugas, yang dilansir oleh womanitely.com:
11.       Meminta deadline dari orang lain
Jika Anda bekerja atau mengerjakan tugas dengan orang lain, mintalah memberikan deadline dan selalu mengingatkan deadline tersebut. Jika Anda bekerja sendiri, beritahukan kerabat atau saudara deadline pekerjaan tersebut, dan minta diingatkan atas deadline kita tersebut.
22.       Menjauh dari orang yang memberi pengaruh buruk.
Bergaullah dengan orang yang selalu member masukan positif dan mengajak untuk focus pada pekerjaan, setelah pekerjaan atau tugas selesai, barulah bergaul mencari kesenangan. Jadi deadline Anda tidak terganggu.
33.       Persiapkan alat, software, program-program computer yang mendukung pekerjaan
Kadang hal-hal sepele sering mengganggu aktifitas pekerjaan kita, agar pekerjaan bisa tepat waktu, persiapkan semua peralatan, program-program computer dll yang dibutuhkan pekerjaan kita dan mendukung kelancaran pekerjaan.
44.       HIndari aktifitas yang mengganggu pekerjaan, bahkan untuk aktifitas yang sudah biasa.
Aktifitas melihat facebook, melihat email, dan social media lain, sering kali menjadi halangan untuk menyelesaikan pekerjaan utama. Beberapa aktifitas tersebut memang terlihat sudah biasa dan familier, sehingga kadang kita sering terlena dan mengurangi waktu untuk focus menyelesaikan pekerjaan utma. Cobalah untuk sementara waktu offline agar tidak terganggu sehingga pekerjaan utama cepat selesai.
55.       Bekerja sama dengan rekan kerja atau teman.
Kadang ada bagian dari pekerjaan yang memang sulit untuk dikerjakan sendirian, peran rekan kerja sangatlah membantu. Namun komitmen bersama harus tetap diutamakan, jangan sampai terjadi hal-hal diluar pekerjaan misal menggosip yang akan memperlambat pekerjaan.
66.       Cobalah suasana kerja baru
Jika memang pekerjaan bisa dibawa pulang, cobalah selepas kerja langsung ke café atau perpustakaan, yang nyaman untuk meneruskan pekerjaan dengan suasana baru dan berbeda dari kantor.
77.       Membuat janji kepada rekan kerja, akan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
Dengan mengucapkan janji kepada rekan kerja, ini akan selalu mengingatkan kita dan juga rekan kerja juga akan mengingatkan deadline pekerjaan kita.
88.       Gerakkan badan ketika sudah mulai capek atau jenuh.
Pekerjaan yang banyak jelas menyita waktu, waktu yang panjang tentu membuat tubuh menjadi capek dan tidak nyaman untuk konsentrasi menyelesaikan pekerjaan. Ketika hal itu terjadi, segeralah beranjak dari tempat duduk dan bergerak misal jalan-jalan keluar ruangan sebentar, ke pantry untuk bikin kopi. Namun tetap harus ingat bahwa segeralah kembali karena pekerjaan sudah mengunggu.
99.       Belajar keahlian baru sesuai dengan bidang pekerjaan.
Kadang karena terlalu asyik dengan berbagai pekerjaan yang harus dijalankan, membuat kita lupa bahwa ilmu atau keahlian di bidang pekerjaan kita juga selalu update. Akan ada perkembangan yang membantu kecepatan meyelesaikan pekerjaan kita.
110.   Pecahkan pekerjaan yang besar menjadi beberapa bagian kecil.
Kadang kita mendapatkan tugas untuk menyelesaikan pekerjaan dengan skala besar, hal ini jika hanya dilihat dari sisi skalanya tentu akan membuat kita menyerah. Namun cobalah untuk mengutak-atik menjadi beberapa bagian kecil. Ambil 3 bagian pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan cepat.
111.   Buatlah target yang lebih spesifik.
Buatlah target yang lebih detil dalam kalender.
112.   Persiapkan alat dan software pendukung pekerjaan, sebelum mengerjakan.
Hal ini tentu akan sangat membantu kecepatan dan ketepatan kerja.
113.   Bayangkan apa yan gakan terjadi jika menunda pekerjaan.
Walaupun banyak perasaan negatif ketika akan mengerjakan tugas, hilangkan perasaan tersebut dan coba bayangkan jika terus menerus mengikuti perasaan negativf, maka penyesalan yang akan kita rasakan kelak.
114.   Berdoa dan lakukan pekerjaan yang mendesak terlebih dahulu.
115.   Kerjakan saja tugas yang harus dikerjakan.
Tidak perlu banyak berpikir akan pekerjaan yang harus dikerjakan, katakana dalam hati “saya akan melaksanakan tugas ini dengan maksimal”.


15 hal di atas semoga bermanfaat untuk Anda terutama bagi yang sedang menyelesaikan tugas dari tempat kerja. Jika Anda ingin memperdalam ilmu internet marketing, klik www.TipsInternetMarketing.com atau Add Pin 7D 90C 078

Tidak ada komentar:

Posting Komentar