Senin, Desember 01, 2014

tips mengambil keputusan cepat dan tepat

Keputusan cepat dan tepat merupakan hal yang penting dalam hidup ini. Hampir di setiap kegiatan kita membutuhkan keputusan yang cepat, dan sebisa mungkin tepat. Agar tidak terlalu memakan waktu kita. Hal yang membuat kita lambat memutuskan bisa saja kebimbangan, ketakutan akan apa akibat yang akan terjadi, dan bisa juga intervensi dari orang lain, keluarga, orang tua, bahkan pasangan kita. Dalam bisnis pun membutuhkan keputusan yang cepat dan tepat berdasarkan analisa data bisnis. Memang membuat keputusan yang cepat, bagi sebagian orang tidaklah mudah, kebiasaan ini perlu dilatih. Karena dalam keadaan genting dan mendesak, bahkan darurat, keputusan cepat mutlak harus dilakukan. Beberapa tips berikut semoga bisa membantu membuat keputusan lebih cepat, dan tidak terlalu lama mempertimbangkan keputusan.
1.      Buatlah deadline
Buatlah deadline dalam 30 menit atau satu jam ke depan harus ada keputusan. Singkirkan “jika”, “andai”, “tetapi”, “bagaimana jika” dsb. Baca dan analisa data dengan cepat dan segeralah membuat keputusan.
2.      Break down permasalahan yang terjadi.
Tulis semua hal yang memperngaruhi keputusan menjadi sulit diambil. Misalnya kurangnya dukungan dari karyawan, intervensi pemilik usaha, kurangnya sumber daya keuangan. Lalu tuliskan juga goal atau tujuan yang bisa tercapai dengan keputusan yang akan kita buat. Efek yang akan terjadi jika keputusan dilaksanakan. Ambil alternatif yang terbaik.
3.      Pelajari kesalahan-kesalahan dari keputusan terdahulu.
Semua orang pernah melakukan kesalahan, dan belajar dari kesalahan adalah hal terbaik yang harus dilakukan. Cobalah belajar dari keputusan-keputusan terdahulu yang pernah diambil dan hasilnya. Dari hal itu kita bisa mengambil keputusan yang lebih baik.
4.      Subjektifitas pribadi sangat berpengaruh kepada keputusan yang kita ambil.
Apa yang kita baca, apa yang kita dengar, apa yang kita lihat sangat berpengaruh terhadap pola pikir kita, sehingga kita menjadi subjektif dalam mengambil keputusan. Pada waktu senggang, cobalah untuk bertukar pikiran dengan orang lain mengenai suatu topik atau masalah, terutama dengan orang yang lebih berpengalaman. Kita harus mempelajari bagaimana dia dapat melakukan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam kondisi yang sempit. Dari pertukaran pendapat inilah, kita harus belajar membuat keputusan yang cepat dan tepat untuk semua permasalahan.
5.      Meminta pendapat orang lain yang berpengalaman.
Jika keputusan kita mengenai suatu pembelian barang atau jasa untuk perusahaan kita, cobalah untuk membandingkan antara 2-3 produk atau jasa yang akan kita gunakan. Cobalah untuk meminta pendapat orang lain yang pernah menggunakan produk atau jasa tersebut. Meminta pendapat orang lain yang lebih berpengalaman akan meminimalkan subjektifitas kita.
6.      Simulasikan keputusan dengan nilai perusahaan.
Keputusan cepat yang harus kita ambil harus sesuai dengan nilai perusahaan atau bisnis kita. Cobalah ambil waktu sejenak untuk berpikir, mensimulasikan efek atau akibat yang akan timbul dari keputusan kita. Apakah masih sesuai dengan nilai perusahaan atau tidak.

Semoga dengan beberapa hal di atas, bisa membantu kita mengambil keputusan yang cepat dan tepat, meminimalkan resiko dan efek negatif yang akan timbul jika keputusan diterapkan. Semua hal ini haruslah dilatih terus dan menjadi habits positif kita sehari-hari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar